KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“USAHA MAKANAN”
Nama : Muhammad Yusuf Alqowy
NIM : 16.11.0440
Kelas : 16 SITI 07
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
SEMESTER GENAP TAHUN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT sehingga karya ilmiah peluang
bisnis “Usaha Makanan” ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan
tanpa ada kendala sama sekali. Terimakasih saya ucapkan kepada semua
dosen yang telah membimbing, berkat bimbinganya saya menjadi lebih
termotivasi untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses kelak. Semoga
dengan selesainya karya ilmiah ini dapat meningkatkan semangat saya
untuk mulai menjadi seorang entrepreneur yang smart. Terimakasih pula
untuk teman teman dan keluarga saya yang telah mendukung dalam membuat
karya ilmiah ini.
Saya
berharap dengan karya ilmiah ini dapat bermanfaat dan memberikan
wawasan kepada pembaca mengenai peluang bisnis usaha makanan.
BAB I
ABSTRAK
Makanan
adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia
pasti butuh makan untuk memberikan nutrisi dan energi pada tubuhnya. Dan
berbisnis makanan/ kuliner boleh dibilang salah satu jenis usaha yang
tidak akan pernah “mati” karena akan selalu dicari oleh banyak orang
untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.
Kalau
kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha
makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha
kuliner. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibanding
negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal
dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari
makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari
yang murah, sampai yang mahal. Oleh karena hal itu saya tertarik untuk
membuat karya ilmiah mengenai peluang bisnis kuliner. Dalam karya ilmiah
ini akan dijelaskan apa saja peluang bisnis yang dapat kita jalani dari
usaha makanan, strategi sukses dalam bisnis makanan, tips – tips dalam
berjualan.
BAB II
ISI
Bisnis
Kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak diminati. Tak
sedikit orang yang menggeluti bisnis bidang ini, entah itu oleh
professional yang telah memiliki banyak pengalaman atau oleh pemula.
Bidang bisnis kuliner cukup banyak menjanjikan harapan untuk sukses bagi
pelakunya, sehingga menjadi salah satu bidang yang cukup banyak dipilih
sebagai andalan meraup keuntungan.
Selain
itu tingkat kesulitan untuk berbisnis kuliner ini termasuk sederhana
atau mudah dilakukan. Karena sebetulnya untuk menciptakan sebuah produk
kuliner, langkah-langkahnya sering kita jalankan dalam kehidupan
sehari-hari.
Berikut ini adalah beberapa jenis usaha makanan yang bisa dilakukan :
1. Menjalankan Usaha Makanan Ringan / Snack
Hampir
semua kalangan masyarakat di Indonesia menyukai makanan ringan. Coba
perhatikan jenis usaha makanan ringan di sekitar Anda, pasti ada banyak
sekali. Beberapa jenis makanan ringan yang sangat terkenal di masyarakat
kita adalah aneka gorengan, aneka keripik, aneka kue, dan masih banyak
lagi.
· Usaha Aneka Gorengan
Biasanya
untuk menjalankan bisnis gorengan ini membutuhkan modal yang tidak
terlalu besar, modal di awal memang sangat terasa karena harus membeli
banyak peralatan dan bahan-bahan untuk memulai usaha gorengan tersebut.
Jenis gorengan yang sangat laris dipasaran adalah goreng pisang, bakwan,
ubi dan singkong goreng, risoles, tahu isi goreng, dan tempe goreng.
Mungkin
membuka usaha gorengan terdengar kurang keren buat, bahkan beberapa
diantara calon pebisnis tidak mau menjalankannya karena gengsi atau
malu. Tetapi, bagi seseorang yang punya jiwa pengusaha, bisnis gorengan
ini adalah sebuah peluang usaha makanan ringan yang sangat berpotensi
memberikan keuntungan.
· Usaha Aneka Keripik
Aneka
keripik adalah makanan ringan yang banyak digandrungi oleh masyarakat
kita. Ada beberapa jenis keripik yang selalu laris dijual di pasaran,
misalnya keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, dan
lain-lain. Usaha aneka keripik ini juga bisa dilakukan secara online
lho. Ada beberapa pengusaha aneka keripik yang menjual produk mereka
secara online, tentu saja target marketnya menjadi lebih luas dan bisa
memberikan keuntungan yang lebih besar.
· Usaha Aneka Kue
Saat
ini ada banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran, baik secara
online ataupun offline. Menurut saya, jenis kue secara umum ada dua,
yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering ini dapat bertahan lebih lama
setelah diproduksi dan disimpan dengan baik. Berbeda dengan kue basah,
jenis kue ini tidak tahan lama dan harus cepat dimakan kalau tidak akan
basi dan tidak enak.
Kelebihan
dari berjualan kue kering yaitu kue-kue kering bisa dijual secara
online ataupun offline karena lebih tahan lama. Misalnya kue nastar, kue
putri salju, kue sagu keju, kue dahlia, dan masih banyak lagi. Biasanya
jenis kue-kue ini banyak dicari pada momen-momen tertentu, misalnya
saat akan lebaran, natal, dan tahun baru.
Sedangkan
kue-kue basah biasanya dijual secara offline di pasar-pasar tradisional
atau di pusat-pusat perbelanjaan. Kue-kue basah ini lebih sering dibeli
dibandingkan dengan kue kering dan peminatnya sangat banyak. Beberapa
kue basah yang sangat laris di pasaran adalah kue lapis, kue lemper, kue
kukus, kue bolu, kue apem, dan lain-lain.
2. Menjalankan Usaha Warung Makan atau Restaurant
Seperti
yang sudah disebutkan di atas, makanan adalah kebutuhan pokok manusia
yang tidak bisa dikesampingkan. Yang dimaksud dengan usaha warung
makan/restaurant ini adalah usaha yang menjual makanan utama bukan
makanan kecil atau camilan. Kalau orang Indonesia makanan utamanya
biasanya terdiri dari nasi, lauk, dan sayuran. Makanan inilah yang
dijual di warung makan/restauran, walaupun tidak menutup kemungkinan
mereka juga menjual makanan dan minuman ringan.
· Usaha Warung Makan
Biasanya
usaha warung makan ini sangat laris bila lokasinya berada di sekitar
perkantoran, kampus, dan sekolah, karena sudah pasti orang-orang di sana
akan mencari makan ketika jam makan siang. Jenis makanan yang
ditawarkan di warung makan biasanya adalah makanan rumahan dengan harga
yang relatif murah.
Modal
yang dibutuhkan untuk membangun sebuah warung makan relatif lebih kecil
dibandingkan bila kita menjalankan usaha restaurant. Namun, perlu kita
sadari bahwa niat dan keuletan sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha
warung makan tersebut.
· Usaha Restaurant:
Untuk
membuka sebuah usaha restaurant, tentunya dibutuhkan modal yang besar,
apalagi bila restaurant itu adalah brand baru. Biasanya usaha restaurant
banyak dibangun di pusat-pusat perbelanjaan, pusat keramaian kota, dan
tempat lain yang mudah terlihat. Jenis makanan yang dijual di restaurant
tentunya agak berbeda dengan yang dijual di warung makan biasa, dan
tentunya harganya juga cenderung lebih mahal.
Restaurant
yang sudah terkenal biasanya sudah memiliki customer sendiri yang
selalu setia kembali ke tempat mereka. Namun, bila restaurant tersebut
adalah brand baru tentunya dibutuhkan usaha dan modal yang lebih besar
untuk membuatnya lebih terkenal. Ini adalah tantangan tersendiri bagi
seorang pengusaha yang menjalankan usaha restaurant.
Berikut ini bagaimana strategi sukses dalam memulai bisnis :
· · Melakukan Riset Target Pasar
Target
pasar merupakan acuan untuk merancang strategi pasar ke depannya.
Target pasar meliputi umur, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup dan minat
masyarakat. Setelah mengetahui target pasar, anda dapat menyusun
strategi pemasaran dan sebagainya.
Misalnya,
ingin membuka usaha kuliner di daerah kampus, maka yang cocok kita jual
adalah makanan yang terjagkau dengan tempat yang nyaman. Misalnya
warung nasi dengan konsep kafe.
· · Melakukan Inovasi pada Menu Kuliner
Persaingan
di dunia usaha kuliner semakin hari semakin ketat, Anda wajib
menyiasati faktor ini. dengan melakukan inovasi pada menu-menu kuliner
anda, tentunya pelanggan tidak akan bosan dengan menu kuliner anda.
Inovasi dapat dilakukan pada inovasi rasa, kemasan, kreasi pembuatan dan
olah tempat.
· · Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis
Lokasi
menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda. Anda harus bisa
menentukan lokasi yang strategis untuk usaha anda, misalnya di jalan
raya, dekat pertokoan dan dekat pusat keramaian. Selain itu, lakukan
riset pula tentang tingkat pesaing disekitar lokasi tersebut. Semakin
sedikit pesaing, semakin baik untuk usaha.
· · Menjaga Kekhasan Kuliner
Usaha
kuliner yang bertahan lama biasanya adalah usaha yang dapat menjaga
ke-khasan dan reputasinya. Jika usaha anda banyak diminati pembeli,
pertahankan menu tersebut, meski anda menawarkan menu-menu baru.
Intinya, jangan kecewakan konsumen anda.
Misalnya,
banyak konsumen yang menyukai suatu produk anda, tetapi anda ngin
membuat inovasi. Maka, buat dua produk. Produk yang sudah dikenal
konsumen dan produk hasil inovasi anda.
· · Memilih Supplier
Bahan
dasar yang anda pakai dalam mengolah makanan sangat mempengaruhi rasa
makanan. Maka harus menjaga kualitas bahan dasar anda. Bekerjasamalah
dengan supplier yang bertanggung jawab dan konsisten dengan kualitas
barang. Hati-hati dalam memilih supplier dan jangan terlalu sering
berganti supplier.
·
· · Promosi Kuliner dengan Berbagai Media
Promosi
dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dengan menggunakan brosur
atau pamphlet. Anda dapat memberikan diskon atau potongan harga untuk
menarik minat pembeli. Selain itu dapat pula menggunakan media online
seperti web, blog, facebook dan sosial media lain.
· Bersabar
Memulai
usaha di bidang kuliner akan sedikit membutuhkan waktu pengenalan
kepada konsumen. Jadi jangan heran kalau d awal usaha akan sepi
pengunjung atau ada komplain dari konsumen. Maka dibutuhkan kesabaran
ekstra untuk memulai dan menjalankan usaha d bidang kuliner.
Berikut ini adalah tips-tips agar sukses dalam berjualan:
· Action atau Tindakan.
Anda
harus berani mencoba untuk menjual suatu produk. Karena jika Anda
tidak pernah mencoba untuk menjual, maka Anda tidak akan tahu
bagaimana rasanya menjual atau berjualan. Banyak sekali cara menawarkan
suatu produk, misalnya jika Anda melakukannnya secara offline, Anda
bisa menawarkan produk yang Anda jual tersebut kepada teman-teman
dekat Anda , atau tetangga atau saudara-saudara Anda .
Nah
ada juga yang secara online, hal ini sangatlah cocok bagi Anda yang
kurang percaya diri jika harus bertatap muka secara langusung. Anda
bisa memanfaatkan internet sebagai sarana menawarkan atau mempromosikan
produk Anda seperti dengan media jejaring social seperti, facebook,
twitter, googlePlus ataupun yang lainnya. Dengan online Anda juga bisa
membuka toko online sendiri atau website sendiri,
· Antisipasi Penolakan
Pada
saat Anda menjual suatu pruduk dan ditolak itu adalah hal yang biasa
dalam berjualan. Ketahuilah apa alasan mereka menolak, namun biasanya
orang menolak itu karena tidak punya uang ataupun tidak suka dengan
produknya atau yang lainnya. Maka dari itu, Anda harus siapkan mental
serta jawaban untuk semua penolakan itu.
· Tawarkan Ke Lebih Banyak Orang
Ilmu
berjualan sangatlah sederhana, semakin banyak orang yang Anda tawari
maka akan banyak juga peluang Anda dalam sukses berjualan.
· Don’t Giveup Jangan Mudah Menyerah
Janganlah pernah menyerah untuk menawarkan produk Anda , kebanyakan orang yang gagal itu Karena patah semangat dalam berjualan.
· Jangan Menganggap Anda Adalah Sales
Saat
Anda menawarkan suatu produk Anda , janganlah Anda menganggap bahwa
diri Anda adalah sales walaupun Anda memanglah sales, karena akan
banyak yang memandang sebelah mata. Seharusnya Anda besikaplah seperti
CEO dan bayangkan Anda adalah seorang CEO maka di mata orang-orang juga
akan terlihat beda.
REFERENSI
1 comments:
Click here for commentstes
ConversionConversion EmoticonEmoticon